Usai Ditinggal Peserta Aksi 212, Monas Kembali Bersih


FAKTANEWS.NET - Para peserta Aksi Super Damai Bela Islam Jilid III berangsur-angsur meninggalkan kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sebelum meninggalkan kawasan Monas, sebagian peserta melakukan operasi semut.

"Teman-teman sambil jalan pulang sambil pungut sampah ya," ujar salah satu ketua rombongan di Monas, Jakarta, Jumat (2/12/2016) siang. Mendapat perintah itu, ribuan orang langsung memunguti sampah sambil berbekal kantong plastik hitam besar.

Selain itu, ratusan peserta juga nampak membersihkan dengan menyapu sampah-sampah yang berserakan. Sebagian lagi, memeriksa kantong sampah yang telah penuh agar langsung diangkut oleh petugas dari Dinas Kebersihan.

Pantauan SINDOnews, kawasan Monas saat ini sudah normal dan bersih kembali seperti semula. Petugas kepolisian, Satpol PP, petugas kebersihan, dan Dishub masih berbenah di dalam Monas.

Kasudin Kebersihan Jakarta Pusat, Marsigit mengatakan untuk membersihkan Monas pihaknya mengerahkan lebih dari 200 personel, 10 truk, 16 mobil kijang bak, dan lima mobil penyapu jalan.
Petugas ini berkeliling membersihkan sejumlah jalan, diantara jalan Merdeka Utara, barat, timur, selatan, hingga kawasan Silang Monas.

"Kita bersyukur kerja kita mudah, karena beberapa titik sampah telah ditumpuk oleh demonstran," jelasnya di Monas.

Terkait sampah, Masigit memprediksi jumlah sampah mencapai 92 ton di lingkungan Monas. Sementara untuk di luar, jumlah tak sebanyak yang ada di dalam, dengan prosentase hampir 1/3 titik.

"Sesuai instruksi Plt Gubernur, seperti biasa kalau ada aksi sudah harus langsung dibersihkan tuntas hari itu juga," tutupnya.

Sumber : sindonews

Subscribe to receive free email updates: