[Video] Ini ORASI Fahri Hamzah yang Menggelegar Saat #Aksi411, Kini Mau Diperkarakan Sebagai MAKAR


FAKTANEWS.NET - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, pihaknya masih mempelajari soal orasi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah saat aksi unjuk rasa 4 November 2016. Dalam pidatonya, Fahri sempat menyinggung soal penggulingan Presiden Jokowi.

"Ya, kami akan pelajari apakah itu bisa masuk ke dalam pasal makar. Kalau masuk ke dalam pasal makar ya kami proses hukum, prinsipnya begitu," kata Tito di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Jakarta, Selasa (8/11), seperti dikutip Republika Online.

Menanggapi itu, Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah mengingatkan Kapolri Tito Karnavian, agar tak bicara sembarangan terkait orasinya pada demo 4 November. Belum lama ini, Tito berniat mempelajari pernyataan Fahri, apakah memiliki muatan makar, atau
tidak.

"Dia Jenderal baru dan saya juga salah satu yang urus dia untuk menjadi Kapolri. Tolong jaga diri baik-baik. Jangan bergantung pada kekuasaan, karena kekuasaan bisa jatuh," kata Fahri di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Selasa 8 November 2016, dikutip VIVAnews.

Ia mengatakan, sudah menjadi tugas DPR untuk melakukan pengawasan. Sehingga, saat menjalankan tugas sebagai legislatif, anggota DPR memiliki hak imunitas.

"Dan, tidak boleh dipidana dalam menjalankan tugasnya. Itu bukan sekadar ditulis dalam UU, tetapi dalam UUD 45. Makanya, untuk anggota DPR ada UU MD3 yang mengatur, ada Majelis Kehormatan Dewan yang akan menyidangkan anggota yang dianggap melanggar etika," kata Fahri.

Ia menjelaskan, orasinya saat demo 4 November lalu soal Presiden bisa dijatuhkan tak sama dengan makar. Soal impeachment/pelengseran Presiden dimungkinkan karena UUD pun mengaturnya.

"Ini negara demokrasi dan sah saja, jika pemerintahan dijatuhkan kalau memang harus dilakukan. Indonesia bukan negara totaliter, di mana menanyakan umur raja saja bisa kena pasal. Ini negara demokrasi bung, menjatuhkan Presiden juga sudah diatur," kata Fahri.

Berikut rekaman Video Orasi Fahri Hamzah yang menggelear saat Aksi 411:


Sumber : portalpiyungan

Subscribe to receive free email updates: