Sidang Sekian Lama, Anak Buah Megawati Damayanti Hanya Dikurung 4,5 Tahun Penjara


FAKTANEWS.NET - Politisi PDIP yang tak lain juga anak buah Megawati, Damayanti Wisnu Putranti divonis 4,5 tahun karena dianggap bersalah dalam kasus suap pembangunan infrastruktur di wilayah Maluku dan Maluku Utara. Selain itu juga denda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan.

“Terdakwa bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan pidana sesuai dakwaan alternatif pertama,” ujar ketua majelis hakim Sumpeno saat membacakan putusan di PN Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakpus, Senin (26/9/2016).

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menilai perbuatan anggota DPR dari Komisi V itu telah merusak demokrasi antara legislatif dan eksekutif karena tidak efektif. “Perbuatan terdakwa menjadi kepentingan pribadi,” kata Sumpeno.

Atas dakwaan ini pihak Damayanti memutuskan untuk pikir-pikir terlebih dahulu. Begitu juga dengan pihak Jaksa Penuntut Umum. Putusan ini lebih ringan dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum. Dalam tuntutan, Jaksa menuntut Damayanti dengan hukuman 6 tahun dan denda Rp 500 juta, subsidair 3 bulan kurungan.

Sebelumnya anggota Komisi V DPR, Damayanti Wisnu Putranti didakwa menerima suap Rp 8,1 miliar. Uang itu diterimanya dari Direktur PT Windhu Tunggal Utama (WTU)‎, Abdul Khoir terkait proyek pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Uang diterima Damayanti secara bertahap antara lain pada tahap pertama, senilai 328 ribu dolar Singapura. Uang haram itu kemudian dibagi-bagi, 245.700 dolar Singapura dikantongi Damayanti 41.150 dolar Singapura untuk Julia dan Dessy.

Sumber : poskotanews

Subscribe to receive free email updates: