Tiga Catatan Kritis Hatta Rajasa Untuk Ekonomi Indonesia


FAKTANEWS.NET - Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa optimis melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia kedepan. Walau demikian ada beberapa catatan kritis yang harus diperhatikan pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla ke depan.

"Kira perlu melihat secara objektif. Jangan terkalu banyak menyalahkan. Saya melihat ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan kedepan," kata Hatta saat ditemui di acara syukuran 40 tahun SBY-Ani di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Sabtu (30/7)

Pertama kata Hatta, pertumbuhan ekonomi dunia masih akan rendah dan penuh tantangan serta ketidakpastian. Hal ini memang terjadi di belahan negara lain seperti Cina, Amwerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Kedua, kata Hatta, harga-harga komoditi masih akan lemah dalam bebrapa tahun kedepan. Bahkan China sekalipun masih akan melakukan konsolidasi beberapa tahun ke depan menghadapi fenomena over production-nya.

"Ini tentu menekan permintaan harga-harga komoditi ke depan," kata Hatta

Ketiga, sambung Hatta, soal flow finansial dan keuangan belum begitu bergerak sehingga capital yang masuk masih terbatas. Hal ini kata Hatta berkaitan dengan foreign direct investment.

"Oleh sebab itu jangan terlalu gampang kita saling menyalahkan, situasinya begitu sekarang. Kita harus merespon itu dengan cepat. Saya kira reshuffle ini responnya positif dan juga kepercayaan pasar akan kita dapat," kata Hatta.

Sumber : rmol

Subscribe to receive free email updates: