Alhamdulillah , MK Jerman Bolehkan Guru Muslimah Berhijab


FAKTANEWS.NET - Guru muslimah di Jerman kini dibolehkan mengenakan hijab saat mengajar di sekolah, hal tersebut diputuskan Mahkamah Konstitusi Jerman dan diperkirakan akan memicu debat mengenai gejala Islamisasi seperti yang disebut-sebut kelompok nasionalis.

Sebelumnya, sejak 2003 lalu Mahkamah Konstitusi melarang guru mengenakan hijab, sehingga sekolah-sekolah di beberapa negara bagian Jerman melarang hijab namun mengizinkan penggunaan simbol-simbol Kristen seperti salib dan kebiasaan para biarawati.

Keputusan membolehkan hijab itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan yang terjadi di seluruh Eropa selama penyerapan ribuan pengungsi Suriah dan Muslim lainnya yang memicu rasa nasionalisme negara-negara di Eropa.

Beberapa politisi dan ahli hukum menyambut peraturan baru tersebut sebagai sebuah kemajuan dalam kebebasan beragama di Jerman. Pemimpin Jerman mencatat banyak guru wanita muslim menolak untuk mengajar karena takut mereka tidak bisa mengenakan hijab di sekolah.

Menurut Nurhan Soykan, sekretaris jenderal Dewan Pusat Muslim di Jerman, peraturan ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan meskipun peraturan ini tidak berlaku bagi seluruh wanita muslim.

"Peraturan ini layak diberikan untuk perempuan Muslim di Jerman dan ini memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial sebagai warga negara dengan hak yang sama" kata Soykan dilansir The New York Times, Jumat (13/3/2015).

sumber: suara-islam

Subscribe to receive free email updates: